Membedah Archetype Karakter Tentara Dalam Media Populer

2 thoughts on “Membedah Archetype Karakter Tentara Dalam Media Populer”

  1. apa yang terjadi jika ada tentara yang takut menembak? apakah dia akan cepat gugur atau bahkan akan cepat di pecat dari anggota tentara??

    Like

    1. Di era modern ini, dia dapat dinyatakan gagal melaksanakan perintah dan harus mengikuti pengadilan militer. Bila ditemukan bersalah, ia akan dijatuhi hukuman sesuai dengan hasil persidangan.

      Pada memoar A German Deserter’s War Experience, Julius Koettgen menceritakan bahwa tentara Jerman yang lalai dihukum dengan cara diikat ke tiang dalam jangka waktu tertentu.

      Saya merasa kasus tentara yang takut menembak itu jarang terjadi. Seperti yang sudah dikatakan di atas, tentara biasanya menjalani pelatihan keras yang membuat mereka cukup efektif dalam kondisi pertarungan. Namun, terdapat kasus dimana seorang tentara memiliki sikap anti-perang atau tidak setuju akan tujuan perang. Pada akhir Perang Vietnam, ada sejumlah tentara Amerika yang memiliki sikap seperti itu. Beberapa dari mereka melakukan aksi fragging, usaha membunuh perwira mereka dengan cara melemparkan granat ke tenda perwira ketika mereka tengah tidur. Tentu saja, pelaku aksi ini ditangkap dan diseret ke pengadilan militer.

      Like

Leave a comment